Merangkum/ kultum 3 mahfudzot Aqidah (syarif)

   Assalamu'alaikum Wr. Wb

Alhamdulillahirobbil 'alamin, wabihinasta'in, wa'ala umuriddunnya waddin, washolatuwassalamu'ala ashrofhil anbiya'il mursalin, wa'ala alihi washohbihi ajma'in, Amma ba'du.
Puji serta syukur marilah Kita panjatkan kepada nabi besar Muhammad SAW, yang membawa Kita pada zaman kegelapan hingga Zaman terang yang Benerang. 

   Malu adalah  sifat yang dimiliki setiap manusia,  manusia kadang  malu untuk melakukan sesuatu kebaikan, seperti menolong orang dan Dll. Kita sebagai manusia janganlah malu untuk berbuat kebaikan, asalkan malu berbuat kejahatan.  Agar lebih jelas mari lihat dan baca mahfudzot "Malu Itu penting" berikut :
إِذاَ لمَ ْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ
"Apabila Kamu Tidak Malu, Maka Berbuatlah Apa Yang Kamu Mau"
Jika Kita tidak Malu, jangan segan - segan untuk berbuat yang kita mau.

       Kadang,  manusia malu untuk belajar,  manusia itu wajib belajar untuk menambah wawasan dan ilmu.  jika kita berilmu maka kita harus bertaqwa. ilmu memiliki landasan yaitu Taqwa, orang yang bertakwa tetapi tidak berilmu itu tidak apa-apa,  asalkan berilmu tapi tidak bertaqwa. Agar lebih jelas mari lihat dan baca mahfudzot "Anjuran belajar" berikut :
حَيَاةُ الْفَتَى وَاللهِ بِالْعِلْمِ وَالتُّقَى #  إِذَا لَمْ يَكُوْنَا لَا اعْتِبَارَ لِذَاتـِهِ
" Kehidupan pemuda demi allah dengan ilmu dan ketakwaan,  apabila  tidak Ada keduanya tidak dianggap keberadaannya"

        jika kita berilmu, bertaqwa, dan beradab insya allah menjadi manusia yang baik.  Percuma saja pintar (berilmu)   tetapi tidak beradab. Akhlak/ adab itu Lebih utama. Jadi, jika kita pintar janganlah sombong dibandingkan dengan Orang yang berakhlak/beradab. Pintar/cerdas boleh, itu hal yang paling ingin dimiliki manusia, akan tetapi beradab atau berakhlak jarang dimiliki oleh manusia. Agar lebih jelas mari lihat dan baca mahfudzot "Yatim yaitu yatim ilmu dan adab" berikut : 
لَيْسَ اليَتِيْمُ الَّذِي قَدْ مَاتَ وَالِدُهُ بَلِ اليَتِيْمُ يَتِيْمُ العِلْمِ وَالأَدَبِ
"Bukanlah Yatim itu yang telah meninggal orang tuanya, akan tetapi yatim itu Yatim ilmu dan adab".



Terima kasih :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Silam (Rafika Baby Maylanny)

Resensi Novel House Of Lavender By: Shafa Istighfari Az-zahra

Resensi novel"janshen"by:M.afrizal.Alamsyah