Artikel tentang kebersihan(Fatimah,Habibah,sakila,Lika)

                                                                  KEBERSIHAN LINGKUNGAN
 Hallo guys!apa kabar?sehat? baik kan..... Kita mau tanya nich!
Apakah kalian sudah perduli dengan kebersihan lingkungan? minimal yang ada di sekitar kalian?
Jika belum,kalian harus baca nich sebuah artikel tentang kebersihan lingkungan!
Tidak usah bertele-tele lagi,mari kita cussss liat sebuah artikel tentang kebersihan lingkungan!jangan cuman di baca aje ye..... Terapkan dalam kehidupan kita!okeh?!
Gaskeunlah lah guys!

     Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan.  Menjaga kebersihan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, dengan lingkungan yang bersih kegiatan atau aktivitas sehari-hari kita menjadi lebih nyaman. Kebersihan juga bisa mencegah wabah penyakit.
     Di Indonesia masalah kebersihan masih belum teratasi,setiap tahunya terus meningkat masalah-masalah tentang kebersihan di indonesia. Sebagai individu yang peduli dengan masalah  tersebut, sudah sepantasnya kita ikut membantu dalam penyelesaian masalah tentang kebersihan di negara kita ini.
     Kita harus membiasakan lingkungan kita bersih dari segala macam sampah.Jika kebiasaan tersebut sudah tertanam dalam diri kita,maka jika kita melihat tempat yang kotor sebaiknya kita membersihkanya agar hilang dari pandangan mata kita. Dengan cara kita perduli terhadap lingkungan saja,kita sudah bisa membantu permasalahan sedikit demi sedikit yang ada di negara kita.
    Kita harus tahu manfaat menjaga lingkungan,karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna bagi kita semua,mengetahui manfaat menjaga lingkungan dapat menciptakan kehidupan yang aman,nyaman,bebas dari wabah penyakit,bersih,sejuk dan sehat.
     Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara.
4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
      Masih banyak lagi manfaat tentang kebersihan lingkungan.Selain kita mengetahui manfaat dari kebersihan lingkungan,ada baik nya kita juga bisa mendaur ulang atau memanfaatkan sampah-sampah  yang ada di sekitar kita.
     Contoh mendaur ulang sampah-sampah:
1. Botol minum plastik bisa di ubah menjadi sapu.
2.Tutup botol bisa di jadikan tempat lilin.
3.  papan skatebord bekas bisa di jadikan meja.
4. piano bekas bisa di jadikan rak buku.
5.sampah-sampah sayuran bisa di jadikan sebagai pupuk.
Dan masih banyak cara mendaur ulang sampah-sampah yang ada di sekitar kita.
        Membuang sampah pada tempatnya adalah sebuah hal kecil untuk menjaga kebersihan lingkungan.Kita juga harus bisa bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan di lingkungan darat dan juga di air(sungai,danau,laut,dll).Dengan kerja sama kita bisa menjadikan lingkungan kita menjadi sehat,sejuk dan nyaman.
      Samapah sendiri itu di bedakan menjadi dua macam yaitu sampah Organik dan sampah Anonorganik. Sampah Organik adalah samapah yang  mudah terurai,jenis sampah organik mencakup sisa makanan,daun kering,sayuran dan sebagai nya. Sampah Anonorganik adalah samapah yang sulit di urai,jenis samapah Anonorganik mencakup plastik,logam,karton dan sebagainya. Sampah Anonorganik ini jika tidak dikelola dengan baik,maka sampah ini bisa merusak ekosistem lingkungan,hewan dan manusia.

    Orang-orang-orang banyak sekali yang menggunakan plastik dan banyak sekali yang menggunakannya terlalu berlebihan. Kenapa? Karena plastik adalah material yang sangat ringan,kuat dan juga murah,tetapi jika pemakaiannya terlalu berlebihan dalam jumlah pemakaian  yang banyak,itu bisa mencemari lingkungan kita. Plastik memiliki bahan kimia yang sangat berbahaya,dampak yang di timbulkan oleh plastik sangatlah besar. Plastik sendiri itu adalah bahan atau material yang tidak bisa hilang(mampu bertahan selamanya)!

    Dampak samapah plastik:
1.Merusak tanah air bumi kita.
Samapah-sampah plastik memiliki bahan kimia yang sangat berbahaya,jika samapah-sampah tersebut terkubur di dalam tanah,bahan kimia yang ada di dalam plastik keluar lalu mengalir ke danau dan juga sungai.
2. Mengancam kelestarian satwa.
Kadang manusia itu terlalu lalai dan sembarang,ia membuang samapah bukan pada tempat nya dan Bahakan ia membuang samapah di laut yang sudah jelas sekali itu bukan tempat membuang samapah. Hewan-hewan yang ada di laut lalu memakan sampah tersebut,karena mengira itu adalah makanan mereka,itu semua karena para manusia yang lalai dan membuang sampah sembarangan.
3.Menurunkan kesuburan tanah.
Karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan juga hewan-hewan yang ada di bawah tanah.
4.Plastik merusak lingkungan.
Sudah tentu plastik merusak lingkungan,dari fisiknya saja sudah terlihat bahwa plastik sangat susah diurai. Bahkan penguraian nya tersebut bisa mencapai 100-500 tahun lamanya.
5.Banyak bahan yang di gunakan plastik.
Plastik terbuat dari 12 juta minyak pertahun dan menebang 12 juta pohon. Dan yang membuat parahnya lagi,plastik di gunakan oleh penduduk dunia sekitar 500 juta sampai dengan 1 milyar plastik.

Beberapa orang menyikapi permasalahan tersebut dengan cara membakar samapah plastik tersebut. Tapi proses pembakaran yang kurang sempurna ini bisa menghasilkan dioksin di udara.Dan apabila sampai manusia menghirup dioksin tersebut maka manusia bisa terkena penyakit kanker,sesak napas,pembengkakan hati,gangguan syaraf,Hepatitis dan depresi.
Lalu bagaimana yang harus kita lakukan?kita bisa menggunakan/memakai ulang plastik (reuse),mengurai pemakain (reduce) dan bisa dengan cara selalu membawa tas jinjing atau bisa di bilang jugua  dengan totebag dan mendaur ulang (recycle),pemerintah juga harus tau bagaimana cara meredam sampah plastik yang semakin lama semakin meningkat penggunaanya.

Slogan bermanfaat.
Menjaga kebersihan demi masa depan yang akan datang!
Buanglah sampah pada tempatnya!
Bersih itu indah,bersih itu anugerah!
Lingkungan bersih membuat kita nyaman!
Cobalah untuk perduli dengan lingkungan sekitar kita!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Silam (Rafika Baby Maylanny)

Resensi Novel House Of Lavender By: Shafa Istighfari Az-zahra

Resensi novel"janshen"by:M.afrizal.Alamsyah